Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Samsung dikabarkan menggunakan sensor kamera beresolusi tinggi hingga 440MP

Samsung dikabarkan menggunakan sensor kamera beresolusi tinggi hingga 440MP

andrianus.my.id, --- Kabar terbaru seputar Samsung begitu menggugah perhatian, pasalnya perusahaan ini tengah menggeluti proyek menarik dalam dunia kamera smartphone. Benar sekali, dalam dunia persaingan megapiksel kamera, Samsung sepertinya tak ingin ketinggalan. Bukan sekadar megapiksel tinggi yang ditawarkan, tapi juga inovasi canggih yang membuatnya menonjol di antara para produsen lain.

Siapa yang tak kenal dengan Samsung? Perusahaan asal Korea Selatan ini telah mengukir namanya sebagai pemain utama dalam teknologi kamera smartphone. Bahkan, tak lama ini kabar muncul bahwa mereka tengah menggarap rangkaian sensor kamera yang benar-benar mentereng. Bicara soal resolusi, kita tak hanya berbicara tentang megapiksel biasa. Samsung nampaknya sedang mempersiapkan sensor berkekuatan hingga 440MP!

Samsung dikabarkan menggunakan sensor kamera beresolusi tinggi hingga 440MP

Tidak bisa dipungkiri, persaingan dalam dunia kamera smartphone kian sengit. Setiap produsen berlomba-lomba menyematkan sensor kamera beresolusi tinggi pada perangkat buatannya. Tapi di antara mereka, Samsung tampaknya tampil dengan semangat yang lebih garang. Kabarnya, beberapa sensor kamera luar biasa sedang diracik oleh para ahli di perusahaan ini. Dan yang menarik, setidaknya salah satu dari sensor tersebut kabarnya akan dihadirkan dalam wujud smartphone masa depan.

Samsung memang dikenal sebagai pelopor dalam menghasilkan gambar berkualitas tinggi lewat kamera smartphone. Contohnya adalah Galaxy S23 Ultra, perangkat yang berhasil menghebohkan jagat dengan sensor kamera ISOCELL 200MP yang memukau. Kabar yang beredar menyebutkan bahwa sensor ini mungkin masih akan bertahan di dalam jantung Galaxy S24 Ultra. Tapi sepertinya, Samsung memiliki rencana yang lebih ambisius untuk masa depan perangkat pintarnya.

Samsung dikabarkan menggunakan sensor kamera beresolusi tinggi hingga 440MP

Mengutip dari akun bocor rahasia @Tech_Reve di platform X, kabarnya Samsung tengah mengembangkan serangkaian sensor kamera anyar dengan megapiksel yang menggila. Konon, rangkaian sensor ini direncanakan akan mulai diproduksi secara besar-besaran menjelang paruh kedua tahun 2024. Ini berarti, kita mungkin akan melihat kehadiran sensor-sensor hebat ini di pasaran pada tahun 2025.

ISOCELL CMOS, itulah sebutan untuk kelompok sensor kamera canggih buatan Samsung. Sensor ini bisa dibeli dan digunakan oleh produsen lain untuk berbagai perangkat, mulai dari ponsel hingga kamera digital. Kabarnya, Samsung tengah asyik menggarap empat sensor kamera sekaligus. Ada sensor HU1 440MP yang menggelegak, sensor 320MP yang masih misterius namanya, sensor HP7 200MP dengan piksel super kecil 0,7 mikron, dan sensor ISOCELL GN6 50MP dengan ukuran piksel yang nyaman di 1,6 mikron. Sayangnya, sensor HP7 200MP yang sebenarnya ditujukan untuk Galaxy S25 Ultra akhirnya dibatalkan karena kendala biaya produksi yang cukup tinggi.

Walaupun terdengar menarik, banyak yang meragukan apakah Samsung akan benar-benar memasukkan sensor-sensor baru ini ke dalam smartphone mereka. Namun, bukan hal baru jika Samsung bermimpi besar. Mereka bahkan sebelumnya berbicara tentang rencana mengembangkan sensor kamera dengan resolusi gila-gilaan, mencapai 576MP mirip mata manusia, dan ini dijadwalkan untuk tahun 2025. Jadi, bisa jadi sensor kamera 440MP yang tengah dirumorkan ini adalah langkah awal menuju tujuan mulia tersebut.

Samsung dikabarkan menggunakan sensor kamera beresolusi tinggi hingga 440MP

Berkaitan dengan sensor 320MP, informan berpendapat bahwa sensor ini mungkin akan menjadi andalan Galaxy S26 Ultra. Tapi tentu saja, masih terlalu dini untuk berspekulasi dengan pasti. Sementara untuk sensor raksasa 440MP, masih misterius apakah sensor ini akan menghiasi jajaran smartphone Samsung. Beberapa rumor bahkan mengindikasikan bahwa sensor ini mungkin lebih cocok diterapkan pada perangkat IoT atau digunakan dalam industri tertentu.

Bagi penggemar fotografi lewat smartphone, sensor 320MP tentu saja yang paling mencuri perhatian. Pertanyaannya, akankah kita melihat sensor ini berdiam di dalam jeroan Galaxy S26 Ultra? Namun, kita masih harus bersabar, karena itu artinya kita harus menunggu hingga tiga tahun ke depan.

Di sisi lain, ada sensor kamera GN6 50MP yang menarik perhatian. Sensor ini menjadi calon sensor kamera satu inci pertama buatan Samsung yang menyaingi sensor terkenal IMX989 milik Sony. Rupanya, sensor ini telah digunakan oleh beberapa produsen asal Cina, seperti Oppo pada Find X6 Pro, Xiaomi pada Xiaomi 13 Pro, dan Vivo pada Vivo X90 Pro Plus.

Samsung dikabarkan menggunakan sensor kamera beresolusi tinggi hingga 440MP

Meski demikian, kabarnya Samsung tidak berniat untuk menggulirkan sensor ini pada ponsel Samsung. Tapi, jika memang benar Samsung berhasil mengembangkan sensor ini, hal ini akan memberikan lebih banyak pilihan kepada produsen smartphone, terutama di pasar Cina.

Jadi, sungguh menarik melihat bagaimana Samsung terus berinovasi dalam dunia kamera smartphone. Dengan rencana-rencana ambisius mereka, kita boleh jadi akan segera melihat kehadiran sensor-sensor megapiksel yang makin menggila, membuka babak baru dalam dunia fotografi mobile. Meski masih banyak misteri yang mengelilingi, satu hal yang pasti: perang megapiksel di dunia kamera smartphone masih panjang, dan Samsung sepertinya siap untuk memimpin dalam pertarungan ini.

Posting Komentar untuk "Samsung dikabarkan menggunakan sensor kamera beresolusi tinggi hingga 440MP"