Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Malam Takbiran Menyambut Kedatangan Hari Raya dengan Meriah

Malam Takbiran Menyambut Kedatangan Hari Raya dengan Meriah

Andrianus.my.id  ---  Malam takbiran merupakan malam yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Malam ini menjadi momen spesial sebagai penanda bahwa hari raya Idul Fitri akan segera tiba. Takbiran sendiri berasal dari kata "takbir" yang artinya pengagungan dan penghormatan kepada Allah SWT. Malam takbiran biasanya dirayakan pada malam terakhir bulan Ramadan, tepatnya pada tanggal 29 atau 30.

Meski takbiran dilakukan pada malam hari, namun suasana di sekitar masjid dan lingkungan sekitar akan terasa meriah. Berbagai tradisi dan kegiatan diadakan untuk merayakan kedatangan hari raya Idul Fitri. Di sini, kita akan membahas tentang tradisi malam takbiran yang harus kita lestarikan dan bagaimana suasana malam takbiran di tengah pandemi COVID-19.

Suasana Malam Takbiran di Tengah Pandemi COVID-19

Malam takbiran pada tahun ini tentu berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena adanya pandemi COVID-19. Sejumlah protokol kesehatan harus dipatuhi agar malam takbiran tetap dapat dirayakan dengan aman dan nyaman. Beberapa di antaranya adalah:

Membatasi jumlah jamaah di masjid

Pemerintah telah mengeluarkan aturan tentang pembatasan jumlah jamaah di masjid. Hal ini dilakukan agar terhindar dari kerumunan yang dapat memicu penyebaran virus COVID-19. Oleh karena itu, umat Muslim diharapkan untuk mematuhi aturan ini dan tidak membawa banyak orang saat pergi ke masjid untuk melaksanakan takbiran.

Menerapkan protokol kesehatan

Selain membatasi jumlah jamaah, protokol kesehatan juga harus diterapkan dengan ketat. Hal ini meliputi penggunaan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan tidak berjabat tangan. Dengan menerapkan protokol kesehatan, diharapkan malam takbiran dapat berlangsung dengan aman dan nyaman tanpa meningkatkan risiko penyebaran virus.

Menyelenggarakan takbiran online

Malam takbiran juga bisa dirayakan secara online melalui aplikasi video call atau live streaming. Dengan cara ini, umat Muslim tetap dapat merayakan malam takbiran bersama-sama tanpa harus berkumpul secara fisik. Namun, untuk menjaga kebersamaan, kita bisa saling berkomunikasi dan saling mengucapkan takbiran melalui aplikasi tersebut.

Malam Takbiran Menyambut Kedatangan Hari Raya dengan Meriah

Tradisi Malam Takbiran yang Harus Kita Lestarikan

Malam takbiran merupakan salah satu tradisi penting dalam Islam yang harus kita lestarikan. Berikut adalah beberapa tradisi malam takbiran yang harus kita jaga agar tetap lestari:

sholat Maghrib, umat Muslim biasanya keluar ke lingkungan sekitar untuk melakukan takbiran. Dengan bersama-sama bertakbir, suasana di sekitar akan terasa meriah dan penuh kebersamaan. Tradisi ini juga dapat mempererat silaturahmi antara sesama umat Muslim di lingkungan sekitar.

Menghias masjid dan lingkungan sekitar

Sejak beberapa hari sebelum malam takbiran, umat Muslim sudah mulai menghias masjid dan lingkungan sekitar. Pada malam takbiran, lampu-lampu warna-warni akan menyala di sekitar masjid dan lingkungan sekitar. Hal ini memberikan kesan yang indah dan meriah di malam takbiran.

Membuat makanan khas malam takbiran

Malam takbiran juga identik dengan makanan-makanan khas seperti ketupat, opor ayam, rendang, dan lain sebagainya. Biasanya makanan-makanan ini disajikan dalam satu meja besar di depan masjid atau di lingkungan sekitar. Makanan-makanan tersebut dapat dinikmati bersama-sama sebagai tanda kebersamaan umat Muslim dalam merayakan malam takbiran.

Mengadakan perlombaan

Perlombaan juga sering diadakan pada malam takbiran, seperti lomba adzan, lomba azan dan sebagainya. Perlombaan ini dapat mempererat tali silaturahmi dan mempererat rasa persaudaraan di antara umat Muslim.

Malam takbiran memang menjadi malam yang sangat dinantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Di tengah pandemi COVID-19, umat Muslim harus tetap mematuhi protokol kesehatan agar malam takbiran dapat dirayakan dengan aman dan nyaman. Namun, tradisi-tradisi malam takbiran tetap harus dijaga dan dilestarikan agar kebersamaan dan rasa persaudaraan antara umat Muslim tetap terjaga. Semoga malam takbiran kali ini dapat menjadi momen yang penuh berkah dan kebahagiaan bagi kita semua. Takbir! Allahu Akbar!

Posting Komentar untuk " Malam Takbiran Menyambut Kedatangan Hari Raya dengan Meriah"