Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Chek Kalkulator Kesehatan Mental

Kesehatan mental merupakan hal yang penting selain kesehatan fisik. Keduanya saling melengkapi dan sudah seharusnya kamu menjaganya supaya tetap baik. Lantas bagaimana kabarmu hari ini? Semoga tetap sehat jiwa dan raga tentunya.

Stress selalu datang kapan saja, pikiran sangat mudah di porak-porandakan oleh hal yang tidak baik di sekitar kita. Bahkan banyak pekerjaan bukan berarti kita akan banyak uang saja, tetapi banyak tanggungan dan akhirnya mental pun terganggu.

Jika kamu hanya menanggung beban pikiran itu, tanpa memikirkan solusinya tentu akan menjadi hal yang selalu menghantui. Apalagi di masa pandemi yang sangat melulu lantakkan banyak sektor yang akhirnya mengganggu pikiran kita.

Mungkin saja kamu merasa terbiasa dengan hidup saat ini, namun jangan sampai kamu mengorbankan jiwa. Kali ini, Saya akan membantumu bagaimana cara cek mental health online. Simak artikelnya sampai habis.

Apa itu Mental Health?

Melansir dari situs Alodokter, mental health atau kesehatan mental adalah keadaan dimana seorang itu merasakan hal positif baik secara psikologis, emosional, ataupun secara sosial. Kesehatan mental sangat berpengaruh kepada cara berpikir, bertindak, ataupun cara dia berintereksi dengan orang lain.

Kesehatan mental sangat perlu dijaga karena mempengaruhi kualaitas seseorang, baik itu anak-anak, remaja, dewasa, bahkan lanjut usia. Maka dari itu, sudah sepatutnya kita harus sadar terhadap kesehatan mental.

Seseorang dengan mentalnya yang baik maka akan lebih prima dalam beraktivitas secara produktif dan menggunakan potensinya secara maksimal. Selain itu, yang lebih penting ia dapat selalu berpikir positif dan tenang dalam menghadapi berbagai permasalahan.

Penyebab Ganggunan Mental

Banyak faktor yang bisa menjadi pemicu terjadinya gangguan mental, diantaranya saat seseorang menderita penyakit tertentu sampai mengalami stres ( Frustasi ). Penyebab stres bisa diakibatkan oleh peristiwa traumatis, seperti ditinggalkan seseorang yang meninggal, kehilangan pekerjaan, atau terisolasi dalam waktu yang lama.

Gangguan mental pun juga seringkali dikaitkan dengan pandemi Covid-19 yang didalamnya banyak sekali muncul fenomena-fenoma seperti yang disebutkan diatas. Untuk itu, kita tidak heran jika memeriksa mental adalah sesuatu langkah yang penting dan harus dilakukan saat pandemic Covid-19.

Contoh Gangguan Mental

Menurut Alodokter, gangguan mental sangat banyak jenisnya yang dialami oleh pasien. Namun, dari banyaknya jenis yang disebut ada beberapa yang paling sering terjadi, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Depresi

Depresi adalah terganggunya kesehatan mental yang mampu merusak suasana hati, dimana menyebabkan penderitanya terlarut dalam kesedihan mendalam. Biasanya depresi berlangsung selama berhari-hari, bahkan ada juga yang sampai berbulan-bulan lamanya.

2. Skizofrenia

Skizofrenia adalah gangguan kesehatan mental yang mampu membuat kita berhalusinasi, delusi, dan kacaunya cara berpikir serta berperilaku kepada penderitanya. Menurut keterangannya, penderita skizofrenia tidak bisa membedakan kenyataan dan halusinasinya.

3. Kecemasan Berlebih

Kecemasan berlebih adalah gangguan mental yang membuat penderitanya selalu merasa takut dan cemas dalam menjalani kehidupannya sehari-hari. Salah satu gejalanya yaitu kita sering mengalami panik yang berlangsung lama dan sulit dikendalikan.

4. Gangguan Tidur

Gangguan tidur adalah perubahan pola tidur yang mengganggu kesehatan dan kualitas hidup penderitanya. Beberapa contoh gangguan tidur diantaranya insomnia (sulit tidur), parasomnia (sering mimpi buruk), dan narkolepsi (sangat mudah tidur).

Cara Cek Mental Health Online

Dari beberapa hal yang disebutkan diatas, alangkah baiknya kamu bisa memeriksan kesehatan mentalmu ke spesialis atau psikolog. Namun, jangan khawatir beberapa situs menyediakan layanan cek mental health online yang bisa kamu akses kapan saja.

1. Cara Cek Kesehatan Mental di Satu Persen

Salah satu situs yang menyediakan layanan tes kesehatan mental yaitu Satu Persen. Yang Didalamnya, kamu bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang apakah sesuai dengan kondisi kamu saat ini. Silahkan klik Tes Sehat Mental Satu Persen

2. Cara Cek Kesehatan Mental di Lalui Bersama

Situs lainnya yang bisa kamu gunakan untuk cek mental health online yaitu Laluibersama.com  Situs ini dibuka secara gratis oleh Universitas Airlangga (UNAIR). Untuk mengaksesnya anda bisa klik Kalkulator Kesehatan Mental Lalui bersama

Jika kamu ingin mengkonsultasikannya secara langsung dengan dokter psikolog bisa mencoba aplikasi Halodoc, atau Alodokter di Play Store atau Apple Store. Disana ada fitur layanan yang menyediakan  untuk chat langsung dengan dengan dokter spesialis mental.

Itulah beberapa cara chek Kalkulator kesehatan Mental kita, semoga bermanfaat untuk kita.


Posting Komentar untuk " Cara Chek Kalkulator Kesehatan Mental"