Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Layar AMOLED dan OLED, Tahun 2022 Mana Yang Lebih Bagus?

 

Istilah AMOLED atau OLED mungkin sudah tidak asing di telinga kalian. Khususnya bagi pengguna smartphone dari dua brand terkenal Samsung dan Apple. Kedua brand tersebut ada kaitannya dengan pembahasan saya kali ini.

Seperti yang kalian ketahui hampir semua ponsel Android Samsung dari beberapa tahun yang lalu menggunakan layar AMOLED dan Super AMOLED. Sedangkan Apple salah satu pesaing Samsung menggunakan layar OLED.

Keduanya antara AMOLED dan OLED adalah jenis layar terbaik dari beberapa layar yang ada seperti IPS atau TFT. Secara umum baik AMOLED atau OLED sama saja, karena keduanya memiliki karakteristik yang hampir sama.

Oleh karena itu brand besar seperti Samsung dan Apple menggunakan kedua jenis layar yang tadi. Walaupun terlihat sama, tetapi nyatanya berbeda. Walaupun OLED digunakan pada produk Apple tetapi AMOLED lebih canggih dari pada OLED.

Untuk tau lebih jelasnya tentang perbedaan antara OLED dan AMOLED serta kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis layar tadi kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa pembahasan menarik lainnya.


Seperti cara menghilangkan burn ini di layar tanpa mengganti LCD serta cara mudah mengaktifkan dark mode di perangkat iPhone. Berikut penjelasan saya mengenai AMOLED dan OLED.

Perbedaan AMOLED dan OLED

Apasih yang dimaksud dengan AMOLED dan OLED itu? saya yakin kalian penasaran. OLED adalah singkatan dari Organic Light Emitting Diode yang artinya sebuah layar yang memiliki panel. Sedangkan AMOLED adalah Active Matrix Organic Light Emitting Diode yang merupakan pengembangan layar OLED.

Jadi sudah jelas kan bahwa AMOLED lebih canggih dari pada OLED. Perbedaan dari kedua jenis layar tadi yaitu jika di AMOLED memiliki backlight sedangkan di OLED tidak ada. Jika kalian tau bahwa AMOLED hemat daya, maka OLED lebih hemat daya lagi.

Untuk perbedaan antara kedua jenis layar tadi hanya pada backlight saja. Singkatnya sekilas sama tetapi jika kalian gunakan di atas sinar matahari layar AMOLED akan lebih baik dari pada OLED. Sedangkan Super AMOLED penyempurna dari AMOLED.

Kekurangan AMOLED dan OLED

Kekurangan dari kedua jenis tipe layar ini terbilang sama yaitu Burn In. Tidak hanya Brun In, yang jelas kedua tipe layar ini sangat sensitif dan perlu perawatan yang ekstra tidak seperti layar jenis IPS atau TFT.

Oleh karena itu banyak ponsel Android dari Samsung yang paling bermasalah pada bagian layar. Selain itu di beberapa perangkat iPhone juga seperti itu yaitu layarnya bermasalah baik berbayang atau muncul dot kecil hingga besar.

Nah itu dia sekilas tentang layar OLED dan AMOLED. Semoga kalian paham dan tau bahwa kedua jenis layar tadi berbeda tetapi menggunakan basis yang sama. Apapun layar yang digunakan pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Layar AMOLED dan OLED, Tahun 2022 Mana Yang Lebih Bagus?"